No Body Perfect

Jumat, 26 Oktober 2012

CARA MENGGUNAKAN DIAGNOSA KEPERAWATAN NANDA DENGAN KRITETRIA INTERVENSI NIC DAN KRITERIA HASIL NOC


CARA MENGGUNAKAN DIAGNOSA KEPERAWATAN NANDA
2009-2012
EDITOR : T. HEATER HERDMAN, PhD, RN
DAN
DENGAN KRITETRIA INTERVENSI NIC DAN KRITERIA HASIL NOC
JUDITH M. WILKINSON

              Sebagai mahasiswa keperawatan, baik itu D III, D IV ataupun S 1 Keperawatan, sudah pasti akan berkecimpung dengan dunia Asuhan Keperawatan. Sekarang ini, dengan maraknya postingan blog tentang asuhan keperawatan, bisa membuat kualitas asuhan keperawatan hanyalah menjadi sebuah dokumentasi belaka yang bisa di MODIFIKASI ATAU COPY PASTE saja, hanya sekedar untuk memenuhi tugas kuliah yang diberikan. Tidak lagi berorientasi bahwa Asuhan Keperawatan merupakan senjata utama bagi seorang perawat dalam melaksanakan tugasnya merawat pasien.
        Sebelumnya, saya juga sangat malas untuk menekuni Asuhan Keperawatan. Namun setelah melanjutkan pendidikan, saya menyadari bahwa masalah utama dalam tubuh keperawatan adalah berasal dari diri pribadi masing-masing perawat itu sendiri. Kita lebih bangga melakukan sesuatu yang seharusnya bukanlah kompetensi utama seorang perawat. Asuhan keperawatan baik di Rumah Sakit-Rumah Sakit sampai ke Puskesmas-Puskesmas Rawatan sebagian besar malas untuk menerapkannya. Terlalu banyak alasan dan faktor-faktor teknis lain yang tidak seharusnya ada. Asuhan Keperawatan bila dipahami merupakan suatu keharusan bagi seorang perawat untuk melaksanakannya.
            Buku-buku yang mempermudah saya dalam melaksanakan dan mendokumentasikan Asuhan Keperawatan adalah dengan menggunakan Buku Diagnosis Keperawatan Nanda Internasional dipadukan dengan Kriteria Intervensi NIC dan Kriteria Hasil NOC. Bila kita pahami kedua buku ini, akan mempermudah kita dalam menegakkan diagnosa dan menentukan langkah-langkah tindakan dan kriteria yang ingin kita capai......
            Untuk itu saya ingin berbagi tehnik dan cara menggunakan kedua Buku tersebut (bagi baru memilki kesulitan dan baru menggunakannya) yaitu :
1.      Lakukan pengkajian secara komprehensif kepada pasien
2.      Lakukan analasi data-data yang memungkinkan kita untuk menegakkan diagnosa keperawatan
3.      Untuk menegakkan Diagnosa NANDA, kita mulai dari penentuan Domain dan Taksonomi (hal 429)
4.      Tentukan Domain dan Kelas yang mungkin berhubungan dengan kriteria diagnosa yang akan kita angkat.
5.      Setelah menentukkan Domain dan Kelas, kita melihat Diagnosa-diagnosa yang disetujui NANDA pada halaman 431-443. Cari Domain dan kelas yang kita tentukan tadi, lihat apakah ada diagnosa yang kita maksud. Jika tidak, kembali perhatikan Domain dan Kelas pada hal. 429
6.      Bila diagnosa yang kita maksud sudah ada, lihat halamannya pada daftar Isi (sesuai domain dan kelasnya)
7.      Setelah kita membuka halaman diagnosa yang kita maksud, lihat batasan karakteristik dan faktor-faktor yang berhubungan. Sesuaikan dengan data yang kita miliki.
8.      Apabila data yang kita miliki sesuai dengan karakteristik diagnosa keperawatan NANDA, maka kita sudah dapat menegakkan diagnosa tersebut.
9.      Setelah diagnosa keperawatan kita tentukan, gunakan kriteria Intervensi dan Hasil dalam Buku NIC dan NOC untuk memudahkan kita dalam melaksanakan tindakan keperawatan dengan hasil yang maksimal. Karena Asuhan Keperawatan dalam NIC dan NOC berorientasi pada Diagnosa Keperawatan NANDA.
10.  Untuk mempermudah mencarinya, lihat halaman Indeks bagian belakang buku NIC dan NOC.
11.  Sesuaikan dengan Diagnosa yang kita miliki dan pilihlah Kriteria Intervensi dan Hasil yang disarankan. Sesuaikan dengan kondisi pasien serta fasilitas yang ada di tempat kita bekerja.

Semakin sering kita menggunakannya, mungkin selanjutnya kita tidak harus menempuh langkah-langkah seperti di atas.

Inilah yang bisa saya bagi dalam postingan kali ini, semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan kualitas Asuhan Keperawatan yang kita lakukan..

PENGGALAN LAGU MARS PPNI :
“melangkahlah dengan keyakinan lebih pasti, sejajar dalam abdikan diri. Bangkit berdiri dan langkahkan kakimu itu...Menapak hari esok penuh asa........”

2 komentar:

  1. saya menyukai buku diagnosa keperawatan NANDA
    tapi kadang-kadang kata-katanya saya tidak mengerti

    BalasHapus